Bab 1 : Konsep Media Interaktif
Definisi Multimedia Interaktif
1. Definisi Multimedia Interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan surara.
2. Manfaat Multimedia Interaktif
· Proses pembelajaran lebih menarik
· lebih interaktif
· Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi
3. Tool dan penggunaannya
Multimedia Authoring Tool adalah paket perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk membuat dan menyiapkan paket penyampaian konten multimedia ( gabungan dari , teks, gambar , grafik, suara, animasi, dan video ) kepada pengguna.
Bab 2 : Storyboard dan Anatomi Halaman web
· Storyboard --> Untuk mendiskripsikan proyek multimedia intraktif dalam bentuk kata kata dan sketsa.
· Anatomi halaman web --> Untuk mengetahui elemen -elemen pada web.
v elemen -elemen pada web :
1. Header : bagian dari halaman web yang membungkus semua komponen halaman web.
2. Logo : berisi identitas perusahaan, organisasi, dan pemilik situs.
3. Navigasi (navigation) : bagian penting dari situs yang memudahkan pengunjung berpindah pindah halaman.
4. Content atau isi : memuat sebagian besar informasi disajikan.
5. Footer : bagian bawah dan berisi informasi pemilik situs (copyright) dan beberapa link.
6. White space : area kosong yang membatasi antar komponen. White space menjadi penting agar pengunjung mempunyai ruang berhenti di antara bagian-bagian situs yang lain. Whitespace dapat diisi dengan banner atau animasi.
Bab 3 : Desain User Interface pada Halaman Web
· Prinsip-prinsip user interface :
1. User compatibility
Antarmuka merupakan cara masuk ke sebuah sistem. karena perancang ini harus menyesuaikannya dan tidak mementingkan secara pribadi.
2. Product compatibility
Aplikasi yang sesuai dengan sistemnya pada interface berbeda dengan sistem yang manual yang menghasilkan hasil yang lainnya.
3. Task compatibility
Aplikasi yang membantu para pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna akan mendapati pemilihan dan pemikiran yang mudah.
4. Work flow compatibility
Sistem manual yang terdapat langkah kerjanya dalam hal penyelesaian tugas. Dengan work flow compatibility ini bisa memudahkan pengguna dalam percepatan tugasnya.
5. Consistency
Sistem yang ada harus sesuai barangnya yang di dasarkan kepada setiap sifat dari semua orang yang berbeda.
6. Familiarity
Memberikan tampilan yang terkesan pada pengguna. Tampilan awal yang membuat para pengguna agar
tidak kebingungan dalam penggunannya.
7. Simplicity
Memberikan sistem sederhana yang tidak membuat si pengguna kebingungan. Hal yang membuat si pengguna bosan ialah dengan sistem yang tidak sederhana atau bisa di bilang dengan berbelit. Tetapi si pengguna akan merasa senang apabila sistem itu mempunyai nilai kesederhanaan.
8. Direct manipulation
Pengguna sangat ingin mempunyai suatu media yang dapat melakukan suatu kemajuan terhadap sistemnya dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhannya itu.
9. Control
Prinsip ini sama dengan sifat user yang mempunyai pemikiran yang bisa berganti. Karena itu harus
merancang suatu keadaan yang dapat mengatasi itu.
10. WYSIWYG
Sistem yang satu ini mempunyai arti ialah apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapatkan.
11. Flexibility
Fleksibel merupakan bentuk kelenturan dari penyelesaian pada saat menyelesaikan masalah.
12. Responsiveness
Setelah memasukkan data ke sistem melalui interface, sebaiknya sistem akan memberi kerjaan dari hasil data yang dimasukkan.
13. Invisible Technologi
Secara pemikiran, si pemakai memiliki rasa ingin tahu terhadap kehebatan dari sistem yang ada.
14. Robutness
Pembangunan antar muka dapat berupa frase – frase menu atau eror handing yang sopan.
15. Protection
Suasana nyaman perlu diciptakan diantarmuka.
16. Ease Of Learning And Ease Of Use.
• Kemudahan dalam mengoperasikan software hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam saja.
• Kemudahan dalam memahami icon, menu-menu, alur data software, dsb.
• Sesudah mempelajari, user dengan mudah dan cepat menggunakan software tersebut. Jika sudah memahami tentunya akan membantu proses menjalankan sistem dengan cepat dan baik.
Bab 4 : Mengenal Web Desain.
Merupakan perangkat lunak untuk membangun isi halaman web. Contoh sofware web desain : Adobe Dreameweaver, Adobe Fire Work, dan Microsoft Pronpage.
Fasilitas dan kempuan Dreameweaver adalah mampu meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam desain maupun membangun situs web.
Bab 5 : Menggabungkan Image , Animasi , Audio, dan Video.
Menggabungkan unsur media interaktif kehalaman web menggunakan coding atau sering disebut html. HTML menjadi
HTML menjadi suatu standar bahasa program yang digunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen web. Secara umum, HTML digunakan untuk:
1. mengontrol tampilan dari halaman web dan isinya (content).
2. mempublikasikan dokumen secara online, sehingga bisa diakses dari seluruh dunia.
3. membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran dan transaksi secara online.
4. menambahkan objek-objek, seperti gambar, audio, video, dan juga Java Applet dalam dokumen HTML.
Bab 6 : Style Pada Multimedia Interaktif.
· Terdapat Banyak style multimrdia interaktif. contoh :
Tutorial Model tutorial adalah salah satu jenis model pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, dan tabel.
· Drill and practice
Model drill and practice menganggap bahwa konsep dasar telah dikuasai oleh pengguna dan mereka sekarang siap untuk menerapkan rumus-rumus, bekerja dengan kasus-kasus konkret, dan menjelajahi daya tangkap mereka terhadap materi.
· Simulasi
Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya.
· Instructional games
Model ini jika didesain dengan baik dapat memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk
memotivasi dan meningkatkan belajar.
· Hybrid dan Socratic
Model hybrid adalah gabungan dari dua atau lebih model multimedia pembelajaran.
· Inquiry dan Informational
Model Inquiry adalah suatu sistem pangkalan data yang dapat dikonsultasikan oleh pengguna, dimana pangkalan data tersebut berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.
Bab 7 : Review Produk WEB Desain Media Interaktif.
1. Pengenalan Website
Orang mengenal web dengan sebutan WWW (world wide web), World Wide Web
adalah layanan internet yang populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara
luas setelah adanya layanan WWW.
2. Cara Kerja Website
cara kerja web secara umum adalah sebagai berikut:
a. Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman web (web
page).
b. Halaman web disimpan dalam computer server.
c. di pihak pemakai ada komputer yang bertindak sebagai computer client yang
untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).
d. Browser membaca halaman web yang ada di server web.
3. Unsur Website
a) Nama Domain (Domain Name/URL-Uniform Resource Locator)
Nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website. Contohnya http://wwww.gurupendidikan.co.id.
b) Rumah Tempat Website (Web Hosting)
Web hosting disebut dengan rumah penyimpanan data base contoh seperti teks, gambar video dll.
c) Bahasa Program (Scripts Program)
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan dalam website.
d) Desain Website
e) Publikasi Website
f) Pemeliharaan Website
4. Fungsi Website
Secara umum, situs web mempunyai berbagai fungsi yaitu :
1. Fungsi Komunikasi dan informasdi.
2. Fungsi Entertainment
3. Dan Fungsi Transaksi
0 komentar:
Posting Komentar